SpesiaLirik
6 Agustus 2011

Menjadi Orang Tua Yang Baik




REPUBLIKA.CO.ID, LONDON - Hubungan orang tua dan anak kian berjarak. Di Inggris, ada fenomena menarik: anak usia lima tahun tak tahu nama depan mereka, saking tak pernah hal-hal semacam itu diobrolkan dengan orang tua mereka. Bagaimana menjadi seorang ibu atau ayah yang lebih baik? Berikut kiat sebuah organisasi think tank Inggris yang mengkampanyekan pentingnya menjadi ortu yang lebih baik:

Setiap hari, orang tua harus didorong untuk membaca untuk anak-anak mereka selama 15 menit dan berbicara dengan mereka selama 20 menit sementara televisi dimatikan.
Mereka juga harus memuji anak-anak mereka jika mereka melakukan hal-hal baik dan sering bermain dengan mereka di lantai selama sepuluh menit dan memberikan makanan bergizi.
Penulis laporan, Chris Paterson, mengatakan bukti ilmiah menunjukkan bahwa apa yang orang tua lakukan dengan anak-anak mereka sangat penting dalam perkembangan otak dan keterampilan anak.
"Ada juga bukti kesenjangan yang signifikan  antara orang tua yang melakukan langkah sederhana di atas dengan yang tidak," katanya.
Orang tua, katanya, juga  harus mempelajari perkembangan anak karena  mereka akan tidak secara 'otomatis' tahu apa yang harus dilakukan.
Sarannya ini sebenarnya bagus dan masuk akal. Namun di Inggris, menjadi persoalan ketika negara menyarankan orang tua untuk melakukan sejumlah langkah memperbaiki hubungan dengan anak. Mereka membacanya sebagai campur tangan negara pada proses parenting sebuah keluarga.

Search

Memuat...

Arsip Blog